Sabtu, 11 Oktober 2008

Stadion Manahan

google.com

Kota : Solo, Jawa Tengah

Dibangun : Tahun 1998

Kandang : Persis Solo (Divisi Utama)

Kapasitas : 35.000 Penonton

Tipe Stadion : Stadion Madya (Olympiq)

Kategori : B+

Big Match

- Final Liga Indonesia XIII 2006 (Persik vs PSIS 1-0)

- Final Piala Indoneisa 2010 (Sriwijaya vs Arema 2-1)

Sejarah Singkat

Stadion Manahan adalah stadion madya yang terletak di Kotamadya Surakarta, Jawa Tengah. Dalam sejarahnya Stadion Manahan pernah jadi kandang klub-klub ternama tanah air antara lain : Arseto Solo, Pelita Solo (sekarang Pelita Jaya), dan Persijatim Solo FC (sekarang Sriwijaya FC). Sekarang stadion ini mutlak menjadi markas dari keseblasan lokal, Persis Solo.

Kondisi Sekarang

Tribun : B+

Tempat duduk : B+

Fasilitas : B+

Rumput : B

Drainase : B+

Penerangan : B+

Papan Skor : A

Kondisi : B+

Kelompok suporter yang biasanya memadati stadion ini adalah Pasoepati yang merupakan pendukung setia kesebelasan Persis Solo. Pasoepati merupakan salah satu kelompok suporter terbesar yang ada di Indonesia.

Galeri Photo :



google.com

google.com


google.com

google.com

google.com



www.skyscrapercity.com


www.skyscrapercity.com

www.skyscrapercity.com

38 komentar:

Anonim mengatakan...

koreksi mas,stadion manahan ini bukan untuk pon 1,tp pon pertama di gelar di stadion sriwedari solo,ini stadion persembahan dari yayasan ibu tien sueharto,dan di resmikan pada tahun 1998 oleh pak harto,

Adit Buabua mengatakan...

Terimakasih atas koreksinya...

Pecinta bola Kediri mengatakan...

Memory tak terlupakan.. Persik mendapat Piala presiden utk kedua kalinya di Stadion Manahan..

pangeran mengatakan...

maaf Arseto Solo belum pernah berkandang di Stadion manahan. Sebab Arseto Solo keburu bubar sebelum Stadion Manahan diresmikan

Anonim mengatakan...

Stadion mini yang tak terlupakan,bersih,hijau,megah,modern dan yg bikin ga terlupakan lg waktu nginep di keraton solo,berangkat diarak pasoepati,disambut dg ramah oleh warga,terima kasih solo,terima kasih pasoepati.

Anonim mengatakan...

PASOEPATI+AREMANIA+THE JACK MANIA+VIKING adalah suporter kreatif yg diakui diseluruh negeri Indonesia.
Salam Wong Kito-Sumsel

Anonim mengatakan...

kapan yah stadion ini dipugar jd stadion modern b'standar international??Ayo pak JOKOWI...pugar dong MANAHAN...!!
dah ketinggalan jaman nich..MALU ma daerah laen yg udah pd mulai bangun stadion modern..masa' ga pgn kota solo jd tuan rumah PD..??kota kita punya potensi besar PAK..!!

by:SOLO LOVER...

Anonim mengatakan...

JURANG DEGRADASI....
"PERSIS SOELO...RIWAYATMU KINI...."

PERCUMA PUNYA "MANAHAN"
KLO DEGRADASI JADI "MANATAHAN"

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

stadion manahan kayaknya butuh renofasi agar lebih bagus dan papan skornya diganti yang digital donk!

Anonim mengatakan...

mirip sama stadion Royal Bafokeng di Afsel. tapi rumputnya jauh bagusan royal bafokeng

Anonim mengatakan...

Kl bisa usul ke Pemkot solo nih, agar Rumput stadion di ganti. Agar permainan bisa lebih optimal...

Anonim mengatakan...

Rumputnya jelek ... bola mental kesana kemari & ga teratur ....
Harysnya direnovasi rumput biar permainan enak dilihat & skill pemain berkembang ..

nodi mengatakan...

Stadion MANAHAN memang kategori B+ namun sayang PEMKOT SOLO kurang sedikit perhatian mengenai papan skor yg sebelumya digital sekarang berubah tradisional, sangat memalukan bila menggelar pertandingan nasional maupun internasional dengan status stadion kategori B+.

BRAVO PERSIS SOLO

Andika Sanjaya mengatakan...

Saya juga sering memotret Stadion Manahan di berbagai acara. Saya tidak melarang seupama ditaruh di blog ini. Monggo pinarak.

http://abstractive-sense.blogspot.com/search/label/Manahan

Anonim mengatakan...

"Jika kamu penggemar solo sejati,ayo kumpulkan dana untuk persis solo,,
biar persis bisa maju...dan solo jadi punya 2 tim yang membanggakan..... :)"

Anonim mengatakan...

tambahan mas admin, stadion ini juga dipakai untuk laga pembukaan liga primer indonesia th 2011.
saat ini solo sedang berbenah menuju eco cultural city,hal ini dibuktikan dengan adanya upaya pemkot untuk menjadikan solo sebagai kota hijau (sesuai tema kota solo saat ini"solo dalam hutan,tahun sebelumnya solo dalam kebun")selain itu pemkot sudah mengadakan sarana transportasi yaitu batik solo trans,sepur kluthuk jaladara, dan besok tgl 20 februari akan dilaunching bus tingkat yang sejak dulu menjadi ikon kota solo, serta railbus sebagai sarana transportasi baru yang jalur relnya melintasi tengah kota dengan rute solo-sukoharjo-wonogiri

pasoepati mengatakan...

manahan....bagi'ku kau stadion terbaik di indonesia...

Anonim mengatakan...

stadion semegah itu,namun tim asli sayang sekarang gak ada tim kebanggaan wong solo,persis pun terdegradasi, sering kali tim lain berlaga di manahan ,pasoepati pun hanya menjadi penonton,sungguh malang nasib pasoepati,loyalitasmu tak dihargai,salut buat pasoepati,,,merdeka

pasoepati mengatakan...

MANAHAN itulah stadion megah kebanggan wong SOLO,kebanggan pasoepati,tiket murah,suporter meriah warna merah,tetapi tim kebangganmi parah n lemah,

Anonim mengatakan...

Ayo dong pak Jokowi renovasi Manahan !!!

Anonim mengatakan...

Kota Solo memang tak prnah lepas dari perolahragaan Indonesia...
mulai dr PON aja yng pertama di Solo smpai Kongres PSSI juga d Solo...
pokoknya Solo is the best !!!!!

limbong mengatakan...

SATDION MANATAHAN NAK UDAN SITIK BANJIR.............. NGONO KOK SERING KANGGO MAEN 8 BESAR, MESTI PENGURUS PSSI SOKO SOLO KLUTUK KABEH KI....!

Anonim mengatakan...

stadion manahan saksi bisu tawuran antara suporter semarang dng suporter solo, biar kalah sing penting nglurug....! stadionna dibuat hancur, kursi tribunya pecak semua untuk menahan serangan wong solo klutuk, sampe skrng klo mengingat betapa gagah beraninya wong semarang, tp itu dulu skrng kayakna damai ya bos.....! brafo psis, snex panser satu hati

pecinta persib mengatakan...

untuk para pendukung persib silahkan liad update pembangunan stadion gedebage di link di bawah ini:

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=83927296

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=471903&page=13

Anonim mengatakan...

Unt Pak Jokowi: sebelum bapak habis masa jabatan mhn bapak renov total Manahan. Saya akan sangat bangga bila Manahan bisa lebh modern. Solo punya nilai historis yg bagus dan warganya yg gandrung dalam olahraga. Kalo pemkot gak punya dana, saya yakin seluruh warga solo termasuk diperantauan bs ksh sumbangsihnya. Mumpung Pak Jokowi msh dianggap bersih dan semoga tetap bersih sampe selesai masa tugas, ayo himpun dana dan kelola dananya unt renovasi Manahan. Salam Damai. By Rakyatnya Merah Putih (RMP)

sentuhan ajaib pasutri mengatakan...

s e n s a s i o n a l

sentuhan ajaib pasutri mengatakan...

s e n s a s i o n a l
.........../´¯/)
........../¯../
........./..../
..../´¯/'....'/'¯')•¸
./'/.../....../.../¨¯\
('(...´...´..¯~/'...')
.\...............'..../
..\''...\........ _.•´
...\............(
....\............\
s e n s a s i o n a l

Anonim mengatakan...

PERSIS SOLO saiki maine apik, ditungu wae taun depan bakal munggah nang IPL.
Amiin..
Go PERSIS...!!

.:Pasoepati Jalur Merah:.

Anonim mengatakan...

sng ngmong manahan banjir mau spo?
ora mungkn nuw manahan ogh banjir, udan dres.e kyo ngpo tag jamin ragh banjir

Anonim mengatakan...

MANAHAN...MANAHAN...dalam stadion tempat nonton maen kesebelasan,bagian luarnya ada tontonan berduaan.apa lagi malam
hari.MANATAHAN...MANATAHAN...

Anonim mengatakan...

MANAHAN...MANAHAN...dalam stadion tempat nonton maen kesebelasan,bagian luarnya ada tontonan berduaan.apa lagi malam
hari.MANATAHAN...MANATAHAN...

Anonim mengatakan...

manatahan mek apek stadione,,pemaine ro suportere bosok kbeh rupane koyo lonthe.,

Anonim mengatakan...

solo ooww solo
pasopati mbokne lonthe,lonthe lonthe lonthe
ho'ow

ILham mengatakan...

nduwurku..!!
LONTHE LAK MBOKMU..!!

Anonim mengatakan...

solo kuto mbkne lonte.... senengane provokasi... wedi rai wani silit..kota teroris.. dari dulu terkenal glembok solo... manis dibibir culas dihati... kenyataan nek ngamuk ngamuko

Assalamualaikum Wr.Wb. Untuk para pencinta sepakbola tanah air. Demi kelengkapan Blog Stadion Sepakbola Indonesia ini, kirim informasi dan foto-foto stadion yang ada di daerahmu, baik yang sudah ada maupun yang belum dimuat di blog ini. Kirim ke email adityariezkan88@yahoo.co.id agar informasi yang anda berikan akan melengkapi dan dimuat dalam blog ini. Karena Blog Stadion Sepakbola Indonesia ini bukan milik saya melainkan milik para pencinta sepakbola Indonesia semuanya. Maju Sepakbola Nasional!!!