Sabtu, 11 Oktober 2008

Stadion Baharoedin Siregar (Lubuk Pakam)


www.posmetro-medan.com

Kota : Deli Serdang, Sumatera Utara

Dibangun : 1968

Kandang : PSDS Deli Serdang (Divisi Utama)

Kapasitas : 15.000 Penonton.

Tipe Stadion : Stadion sepakbola Lama.

Kategori : D+

Sejarah Singkat

Stadion Lubuk Pakam di Deli Serdang, Sumatera Utara merupakan stadion sepakbola kandang klub Divisi Utama, PSDS Deli Serdang. Stadion Baharoeddin Siregar mulai dibangun sejak tahun 1968 lalu oleh panitia pembangunan stadion yang dipimpin Bupati Deliserdang, masa itu, Baharoeddin Siregar serta ditunjuk sebagai Sekretaris Muhammad Nurdin Pelos.

Mencontoh arsitektur stadion mini Merdeka di Singapura, Stadion ini dibangun dengan membeli lahan seluas lebih kurang 5 hektar kepada Menteri Pertanian masa itu. Dan di atas lahan itu pula pembangunan pun dimulai.

Di tengah perjalanannya, pembangunan stadion sempat terhenti karena ketiadaan biaya. Pemerintah Deliserdang pun tak kuasa menanggung dana pembangunan. Pembangunan pun berjalan lambat dan bahkan terancam terhenti. Kondisi itu, ternyata menarik perhatian masyarakat yang akhirnya ikut membantu biaya pembangunan dengan menyumbangkan ribuan botol bekas dan goni bekas.

Berkat bantuan botol bekas dan goni bekas itu pula pembangunan stadion terbesar kedua di Sumatera Utara ini kembali berlanjut. Tapi toh, sumbangan tersebut belum menyelesaikan permasalahan. Namun semangat masyarakat Deliserdang membuat Baharoeddin Siregar mengambil kebijakan menggunakan anggaran bantuan desa.

Sayang, langkah sang bupati oleh berbagai kalangan dianggap sebagai kesalahan. Akibatnya, Baharoeddin Siregar sempat merasakan pengabnya terali besi. Perjuangan sang bupati tetap mengukuhkan namanya sebagai orang paing berjasa dalam sejarah pembangunan stadion PSDS ini. (Sumber : www.posmetro-medan.com)

Kondisi Sekarang

Tribun : C

Tempat duduk : C

Fasilitas : C

Rumput : C

Drainase : C

Penerangan : -

Papan Skor : C

Kondisi : C

Galeri Photo :


google.com

4 komentar:

Inspire Someone mengatakan...

untuk para pendukung persib silahkan liad update pembangunan stadion gedebage di link di bawah ini:

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=83927296

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=471903&page=13

sentuhan ajaib pasutri mengatakan...

s e n s a s i o n a l
.........../´¯/)
........../¯../
........./..../
..../´¯/'....'/'¯')•¸
./'/.../....../.../¨¯\
('(...´...´..¯~/'...')
.\...............'..../
..\''...\........ _.•´
...\............(
....\............\
s e n s a s i o n a l

Anonim mengatakan...

tolong segera renovasi total stadionnya menjadi seperti stadion RED bull arena di AMERIKA,karena ini klub elit. bisa tour ke eropa....
Terimakasihhhhhhh

Kumpulan Chord Gitar 13 mengatakan...

Tambah lagi dong min foto2nya.

Assalamualaikum Wr.Wb. Untuk para pencinta sepakbola tanah air. Demi kelengkapan Blog Stadion Sepakbola Indonesia ini, kirim informasi dan foto-foto stadion yang ada di daerahmu, baik yang sudah ada maupun yang belum dimuat di blog ini. Kirim ke email adityariezkan88@yahoo.co.id agar informasi yang anda berikan akan melengkapi dan dimuat dalam blog ini. Karena Blog Stadion Sepakbola Indonesia ini bukan milik saya melainkan milik para pencinta sepakbola Indonesia semuanya. Maju Sepakbola Nasional!!!