Senin, 13 Oktober 2008

Stadion Batakan (2012)



www.balikpapaners.blogspot.com

Kota : Balikpapan, Kalimantan Timur

Dibangun : Tahun 2010, stadion ini masih dalam tahap pengerjaan.

Kandang : -

Kapasitas : 30.000 kursi.

Tipe stadion : Stadion Sepakbola Lama.

Kategori : A

Sejarah Singkat

Stadion Batakan merupakan stadion masa depan dari Persiba Balikpapan. Komplek stadion Balikpapan di Batakan yang akan dibangun oleh Pemkot, kelak akan menjadi sarana olahraga yang mewah dan megah. Di bangun di atas lahan seluas kurang lebih 18 hektare akan berdiri berbagai sarana olahraga dengan standar olimpiade. Fasilitas yang akan dibangun diantaranya stadion sepakbola berkapasitas 30.000 tempat duduk lengkap dengan segala fasilitas pendukung seperti press conference standart FIFA, dua gedung olahraga (GOR) untuk volley ball, bulu tangkis.

Tak hanya itu dii kawasan komplek stadion juga akan dilengkapi dengan lapangan tennis, arena futsal, taman rekreasi, area parkir yang luas, lintasan atletik, kolam resapan dan sportmall yang dilengkapi arena bola basket. Sarana tersebut tentu akan menjadi angin segar bagi pembinaan olahraga di Balikpapan khususnya buat team Persiba Balikpapan.

Namun masyarakat olahraga Balikpapan dan team sepakbola Persiba Balikpapan masih harus bersabar menunggu, untuk bisa memanfaatkan komplek olahraga tersebut, karena diperkirakan membutuhkan waktu tiga hingga empat tahun untuk menyelesaikan keseluruhan proyek tersebut.

Khusus untuk pembangunan stadion sepakbola pemerintah kota Balikpapan telah menganggarkan dana sekitar Rp 150 miliar. Dan stadion tersebut akan menjadi stadion sepakbola termewah di Indonesia dan salah satu yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

"Untuk stadion sepakbola dibutuh waktu tiga sampai empat tahun, untuk pembangunannya. Tapi dengan sift kerja 24 jam sehari, mudah-mudahan bisa lebih singkat. Sedangkan secara keseluruhan proyek perlu waktu yang lebih lama, karena harus dilakukan secara bertahap untuk menyesuaikan anggaran," jelas Kasubdin PT.Cipta Karya (Project Main Contractor) Ir. Heronasia Soedarwo, Kamis (19/3).


Pemkot Kotamadya Balikpapan memastikan bahwa pembangunan Stadion Utama Balikpapan akan segera di mulai pada semester dua tahun 2010.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan, Suryanto menerangkan bahwa saat ini sedang di lakukan persiapan tender mega proyek tersebut. “Saya sudah cek bersama Assisten I, Kepala PU, serta tim teknis, dan saya bisa menjamin proyek stadion sudah bisa di lakukan tender,” ucap Suryanto.

Kendala pembebasan lahan yang sebelumnya menjadi faktor berlarut-larutnya pembangunan stadion yang di idam-idamkan warga Balikpapan tersebut, di pastikan sudah tuntas. Setelah warga Batakan Sepinggan secara suka rela memberikan tanahnya secara cuma-cuma untuk akses jalan menuju stadion. “Kata Pak RT, warganya sudah setuju kalau tanah mereka dibuat akses jalan stadion,” ujar Suryanto.

Hal tersebut sekaligus menepis anggapan bahwa warga Batakan yang berada di sekitar proyek tersebut, menetapkan harga jual tanah yang tinggi dan mengakibatkan proyek pembangunan stadion tersebut terhambat.

“Dari kemarin-kemarin kan kendalanya di situ (pembebasan jalan-red), sehingga alat berat enggak bisa masuk lokasi. Jadi proses pembangunan stadion tertunda,” papar Suryanto.

Stadion Utama Balikpapan nantinya akan menjadi icon kota Balikpapan, dan tentunya akan menjadi home base team Persiba Balikpapan kesebelasan kebanggaan warga Balikpapan sejagat raya.

Proyek yang di estimasi akan menghabiskan biaya Rp.400 Milyar tersebut, akan mendapatkan subsidi dari pemprov Kal-Tim melalui APBD perubahan. “Gubernur sudah setuju mencairkan dana untuk Stadion Utama Balikpapan yang sudah di anggarkan tahun ini sebesar Rp.60 Milyar. Tahun depan pihak pemprov akan kembali mencairkan dana subsidi tersebut dalam jumlah yang sama,” terangnya.

Sementara pemkot Balikpapan telah menganggarkan dana sebesar Rp.300 Milyar, melalui APBD kota Balikpapan yang telah di anggarkan sejak tahun 2009.

Di temui terpisah Yosmianto, Kabid Fisik dan Prasarana Bappeda Balikpapan mengatakan, stadion yang nantinya juga diperuntukkan sebagai home base team Persiba Balikpapan ini akan berkapasitas 30 ribu penonton.

“Stadion Utama Balikpapan sangat layak untuk team Super Liga, pokoknya stadionnya megah” tuturnya bersemangat.

Dari DED yang sudah ada, stadion akan memiliki tribun empat sisi yaitu barat, timur, selatan, dan utara. Ia mengatakan fasilitas Stadion Utama Balikpapan dipastikan berstandar Internasional.

Untuk fasilitas lainnya yang terdapat di kawasan komplek Stadion Utama Balikpapan akan di bangun gedung wisma atlet. Yang mana bangunan tersebut nantinya bisa di gunakan sebagai mess pemain skuad Persiba Balikpapan. Sementara untuk latihan ringan team Persiba, di dekat wisma atlet tersebut akan dibuat lapangan sepakbola berstandard FIFA. “Ya, khusus untuk latihan ringan aja,” ujarnya.

Ia menambahkan di komplek tersebut juga akan di bangun gedung serba-guna sekaligus bisa di fungsikan sebagai press centre. Fasilitas terkait lainnya akan dibangun area parkir yang luas dan tertata.

Ia menjelaskan bahwa Stadion Utama Balikpapan di targetkan bisa rampung pembangunannya pada akhir tahun 2011. “Mungkin Stadion belum 100% kondisinya tetapi setidaknya sudah bisa digunakanlah, untuk menggelar pertandingan Liga Super Indonesia” terangnya.

Paling mendasar papar Yosmianto, tahun ini Stadion Utama Balikpapan dibangun agar tahun depan Persiba Balikpapan tidak dilempar ke stadion Palaran, hanya karena di Balikpapan tidak mempunyai stadion layak.

“Menurut informasi sih, kalau Stadion Utama Balikpapan mulai dibangun tahun ini, kita (Persiba Balikpapan-red) akan mendapat dispensasi untuk tetap menggelar pertandingan Liga Super tahun depan di Stadion Persiba, makanya kita kejar pembangunan,” katanya. (JS-Bppners)

Perkiraan Kondisi

Tribun : A

Tempat duduk : A

Fasilitas : A

Rumput : A

Drainase : A

Penerangan : A

Papan Skor : A

Kondisi : A

39 komentar:

Anonim mengatakan...

wh Ini Baru stadion Mewah.. INi sharus'ya menjadi conto standar stadion di indonesia.. Untuk Pemda Balik papan dngan angaran dana seperti yg telah di sebutkan, Agar dpt memanfaatkanya utk tidak di korupsi,hehe Demi kemajuan sepak bola nasional... Maju terus indonesia teruslah Berkarya, agr kelak stadion ini bsa di nikmati anak cucu kita.

Anonim mengatakan...

pembohongan publik ituu..


liat aja d google..


itu rencana pmbangunan stadion home base nya spartak moskow turkii..



:(

Anonim mengatakan...

iya bos ne stadion sparta moscow...
liat aja kesini bos...
http://images.google.co.id/images?gbv=2&hl=id&q=spartak+moscow+stadium&btnG=Telusuri+Gambar

koreksi dong bos...
ntr orang2 pd salah paham...

tq bos...
maap sebelumnya...

Anonim mengatakan...

Maaf Juga sebelumnya ini bukan pembohongan publik, tapi saya juga bingung anda coba lihat di sini bro...
http://ligaindonesia.com/forums/viewtopic.php?t=14001&postdays=0&postorder=asc&start=30&sid=395cc1eef21d31acc195f08d5baa4baf
atau kesini...
http://images.google.co.id/images?gbv=2&hl=id&q=stadion+batakan+balikpapan&btnG=Telusuri+Gambar

maaf jika banyak kekurangan dalam penulisan blog ini karena semata-mata saya hanya ingin mempersembahkan blog ini kepecinta sepakbola tanah air, karena saya sebagai manusia biasa tak luput dari kesalahan, seperti komentar teman diatas spartak moskow itu di Rusia bukan di Turki, Peace...^_^

aldianzeta mengatakan...

Woohhhh................

bagus banget..... stadion Persiba..

gila stdaion terbesar d Asia...

Bagus donk... saya merasa terkesan setelah membacanya... benaran..

Saya Doai aja... biar cepat jadi Stadion Persiba Balikpapan..

Biar Balikpapan terkenal....

Saya sebagai Warga Balikpapan...

Juga memdoaikan... Biar Cepat Tuntas pembanguan Stadion....

Aminn....

Salam kenal....

aldianzeta@yahoo.co.id

Dg Nganga mengatakan...

Iih tidak malunya..! itu rendering stadion punya spartak moskwa di Rusia sana..... Ntar pemda Balikpapan bisa dituntut gara2 MENJIPLAK.......

Anonim mengatakan...

itu memang maket stadion punya spartak moskow liat aja di gambar yg pertama ada lambang klub spartak moskow di bagian atas stadion. jadi kalo emang stadion batakan pake maket itu berarti pemda balikpapan menjiplak miliknya spartak moskow. gak kreatif blasss.......

DREAMYFO COMMUNITY mengatakan...

hmm..
kEREN...

GW tUNGgu sIAP nY yAChhh,,.
tP km oRNG pEKANBRU tENtUNy tDk kLAH jG dgN sTADIONny,,.
TUNGGU jHA y,,.
STADION mnA yG lBh bAGuSss,,.

BRAVO

ryan_cuek mengatakan...

kErEN,,...
q tUNggU sIAp nYA,,.
BRAVO,..

Anonim mengatakan...

Sip, ayo Indonesia!! Selenggarakan PD 2022!!

Unknown mengatakan...

Wah seandainya Kaltim dikaruniai anggaran yg berlebih... Banyak putra2 kaltim dan pelajar kaltim dan dari seluruh indonesia yg menonton dan belajar ttg sepak bola duduk kepanasan di stadion maguwoharjo slmn yogyakarta... Stadion ini bertaraf internasional tetapi terkendala pendanaan, seyogyanya hibah fasilitas sperti kursi tmpt du2k penonton pun sangat berarti bagi stadion ini... (Bravo Sepak Bola Indonesia)

yantony mengatakan...

saya acungi jempol untuk kaltim, dimana stadionnya bagus2, semoga klub di kaltim jadi jawara ISL, dan mohon kaltim bikin klub super seperti real madrid, biar jadi juara liga champion Asia bahkan dunia.

Anonim mengatakan...

mass yg diluar kaltim ga usah ngiri lo di kaltim bnyak stadion bagus ...ya karna pemerintahnya yg bagus ga kyk di luar sana just info di klatim udah dibangun 7 stadion bertaraf internasional kyk stadion palaran yg udah jdi okee...

Anonim mengatakan...

maaf bang itu bukan contoh stadion utama persiba
ini ta ksh link maket stadion utamanya persiba
http://balikpapaners.blogspot.com/2010/02/inilah-maket-stadion-utama-balikpapan.html

Unknown mengatakan...

Dari dulu cuma wacana saja,action dong.Sudah berapa lama warga balikpapan menunggu stadion ini terwujud.CAPE DEH.........

Timoti Rompas mengatakan...

nice balikpapan ,
imhp!!!

weyene ruudy mengatakan...

yang bilang home base nya spartak moscow tow gak tau apa moscow tow di afrika masa di tuki

masalah stadion tow emang benar di indonesia Lanjutkan

Persiba Fans Club(PFC) mengatakan...

Mdahn stdionx bgus, coz maketx gnti2, aque org asli Bpp z bngung, pa lg org luar,, ha 3x

kai mengatakan...

mana bukti nya??jgn cuma hayalan saja n bohongin warga kota balikpapan n bikin menghayal saja.hati2 jdi gila ntr klo kebanyakan menghayal bos...

Anonim mengatakan...

Kapasitasnya terlalu sedikit.....mestinya >45.000 biar kita bisa menggelar Piala Dunia

Persiba Fans Club(PFC) mengatakan...

Maket stadionx gnti-gnti,, bngung yg mna yg bner,,,

Anonim mengatakan...

jgn cuma stadion yg megah, PRESTASI yg HARUS di banggakan.. !!!!... PENYAKIT SEPAK BOLA INDONESIA, SARANA FISIK TAK DI IMBANGI DGN PRESTASI..

Anonim mengatakan...

market yang di balikpapaner's kok kaya gini..
http://balikpapaners.com/balikpapaners/index.php/component/content/article/34-persiba/363-design-tadion-baru-persiba-balikpapan.html

qh mengatakan...

semoga jdi tepat waktu :)

Iqbal khadaefii mengatakan...

. nii bener pa gag sihh aloo cuman boong doank , ya sama aja
. coba lihat deh ?
stadion di indonesiaa , sedikit sekali , yg bertaraf international , ayo dong ? kita maju untuk persepakbolann indonesia ?
gugt hanya sarana dan prasarana nya aja . orang2 nya donnkk ?
go .. ggo .. indonesia

Alfiat Nugraha mengatakan...

Alfiat Nugraha PERLU DIPERHATIKAN ... maket gambar rencana pembangunan stadion persiba adalah palsu, PEMBOHONGAN PUBLIK, hasil jiplakan,....gambar diatas merupakan stadion Spartax Moscow Rusia...coba dilihat di http://www.worldstadiums.com/stadium_menu/past_future/pictures/future_stadiums/moscow_spartak.shtml..................jadi pembaca sekalian pihak yg menerbitkan gambar ini bisa dituntut sesuai hukum,dan kita jgn mudah percaya dgn isi berita diatas yg terlalu dilebih lebihkan oleh oknum yg tidak bertanggung jawab....sekali lagi pemkot Balikpapan terlalu besar anggarkan dana triliunan utk mega proyek seperti itu, mustahil dan Pemprov Kaltim tidak cukup dana utk memberi bantuan anggaran,kecuali ada even seperti PON yg sudah terjadi ditahun lalu Kaltim sbg tuan rumah PON, dgn sudah terbangunx stadion bertaraf international STADIUM PALARAN SAMARINDA,STADIUM SEGIRI SAMARINDA, STADIUM SEMPAJA SAMARINDA dan STADIUM TAMAN PRESTASI BONTANG...utk pembangunan stadion dibalikpapan tidak diketahui berita dan gambar maketstadion yg bagaimana sampai menyerap dana triliunan rupiah.. pastix,dgn anggaran besar triliunan rupiah..s/d saat ini hanya wacana saja dan masih terkendala masalah pembebasan lahan....jadi Hati hati kita perlu menyimak berita2 tanpa ada kebohongan publik...

Inspire Someone mengatakan...

untuk para pendukung persib silahkan liad update pembangunan stadion gedebage di link di bawah ini:

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=83927296

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=471903&page=13

Anonim mengatakan...

Nando komen

ga usah didengerin tuh omongan org, mingkin syirik aj, tp aq percaya stadiun itu akan berdiri dngan megah... biar tutup mulut tuh orang-orang yg pd syirik. tetap maju balikpapan walaupun sedikit lama pasti akan jadi... go..go...go..Persiba Balikpapan

Anonim mengatakan...

Bagus lah kalo persiba bakal memiliki kandang yang layak untuk mengarungi ISL , Saya turut prihatin selama ini menyaksikan persiba main dikandang... lapanganya kayak sawah... Majuu Persiba fc!!! semoga terealisasi....

Anonim mengatakan...

Goblok yang maki-maki Balikpapan bangun stadion katanya bohong, saya warga Balikpapan, pembangunan itu ada, dan dananya hampir 1 T, terkendala pembebasan akses masuk jalan, tapi sudah clear dan sudah mulai kerjakan tribun penonton.
Yang maki-maki hanya orang-orang iri..fuck u
Min aku kirimin ke email sampean gambar maket, cuman gambar harus diedit biar bagus, ada waktu aku kirim gambar progressnya
Bangga menjadi warga Balikpapan.

Anonim mengatakan...

ya tpi q kmarin k batakan mau lhat stadionnya. .
ku kra sdah selesai trnyata msih tiangnya aj. .
knapa ya kulinya di tunda" trus untuk proses pmbangunan stadion baru persiba. .

Anonim mengatakan...

wah... ini pembohongan publik....

Anonim mengatakan...

baru tiangnya za tuh... pemdanya mau bangun gede tapi dompet tipis...

Anonim mengatakan...

kurang duit bangun ?... saran gue pinjam cari dana seger za... umpamanya pijam IMF...

Anonim mengatakan...

NGAK USAH CARI DANA IMF... cukup BALISTIK cari dana bawa KARDUS di SIMPANG JALAN....

Anonim mengatakan...

seperti biasa orang kita gk pernah niat buat stadion bola,, karena sukanya pake lapangan lari segala.. tetep paling asik nonton di MIS jogja, the real stadium football.. tribun dekat dengan lapangan, tp penonton gk pernah rusuh, patut ditiru..

Anonim mengatakan...

Admin tolong di update lagi gambar desain stadion terbarunya. Sepertinya ini masih desain lama, desain baru lebih modern tapi tetap ada ciri khas kalimantannya. Bisa lihat di http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1372315&page=30

kalau masalah dana dan pembebasan lahan tidak menjadi kendala lagi, maka stadion ini bakalan menjadi stadion tercantik di indonesia.

Kumpulan Chord Gitar 13 mengatakan...

Perkembangan Stadion ini bagaimana sekarang, ada yang tahu.?

Anonim mengatakan...

progresnya sudah pengerjaan tribun atas bro

Assalamualaikum Wr.Wb. Untuk para pencinta sepakbola tanah air. Demi kelengkapan Blog Stadion Sepakbola Indonesia ini, kirim informasi dan foto-foto stadion yang ada di daerahmu, baik yang sudah ada maupun yang belum dimuat di blog ini. Kirim ke email adityariezkan88@yahoo.co.id agar informasi yang anda berikan akan melengkapi dan dimuat dalam blog ini. Karena Blog Stadion Sepakbola Indonesia ini bukan milik saya melainkan milik para pencinta sepakbola Indonesia semuanya. Maju Sepakbola Nasional!!!